Informasi

Marhaban ya Romadhon, sebentar lagi akan datang bulan Suci Romadhon bagi Umat Muslim, saatnya persiapan mental dan prasarana ibadah. Mumpung masih jauh-jauh hari, segera lakukan perbaikan dari sekarang sebelum waktu dipakai bermasalah. Kami siap membantu baik pengadaan barang, renovasi atau sekedar konsultasi saja. Hubungi Telp Toko SELYA PRODUCT untuk pembelian barang di 021-87918341 atau email ke selya_product@yahoo.co.id Salam dan sukses

Rabu, 19 Juni 2013

Saatnya ganti TOA Column speaker untuk sound masjid

Saya sering mendapat pertanyaan via telpon, sms, email / YM, kenapa sound masjid  kok suaranya cempreng dan storing / feedback ?????

Biasanya saya langsung tanya, speaker apa yang anda pasang saat ini ?  Jawabannya, banyak yang menggunakan TOA speaker column (ZS-102C atau ZS-202C ), sebagian box speaker rakitan.
Untuk Box speaker rakitan saya tidak coment, karena karakteristik saya tidak tahu, baik impedansinya, SPL nya atau bentuk Frekuensi responnya.
Tapi kalau TOA Speaker Column saya hapal karakteristiknya.
Jawaban yang saya sampaikan adalah ganti speaker column dengan minimal box speaker TOA tipe ZS-1030B atau ZS-1030W.  Kalau masjidnya lebih luas lagi, ganti dengan ZS-F2000BM atau ZS-F2000WM.   ZS-1030B / ZS-1030W  sama saja, hanya beda warna.  B= Black / hitam,  dan W = White ( putih ). Begitu juga ZS-F2000BM dan ZS-F2000WM, bedanya hitam dan putih saja. Spesifikasi semuanya sama..

Kenapa mesti speaker column diganti dengan Box speaker ?   
Alasannya jelas, 
1. Bahwa karakteristik dari speaker column  tidak cocok bila di pasang didalam ruangan, karena bentuk dari frekuensi responsenya yang menyerupai gunung sangat rentan untuk menyebabkan suara feedback.  Sedangkan kalau pakai ZS-1030B series atau ZS-F2000BM series, bentuk frekuensi responsenya sangat jelas, rata dari mulai frekuensi rendah sampai tinggi, sehingga tidak mudah menyebabkan suara feedback.
2. Alasan ke dua yaitu, dengan bentuk frekuensi response yang dimiliki oleh speaker column maka bagi yang menginginkan kualitas suara bass dan treble bagus tidak akan di dapat. Karena memang speaker column tidak memproduksi low frekuensi dan high frekuensi. Dengan memasang box speaker tipe ZS-1030B series atau ZS-F2000BM series  maka kebutuhan akan low frekuensi dan high frekuensi akan terpenuhi.  Khususnya ZS-F2000BM series, lebar band frekuensi responsenya lebih lebar dibanding dengan ZS-1030B series, maka kualitas suara dari ZS-F2000BM series  lebih baik dibanding ZS-1030B series.

Untuk memperjelas dari apa yang saya sampaikan diatas, perhatikan grafik karakteristik frekuensi response dari Speaker Column dan Box Speaker ZS-1030B / ZS-F2000BM dibawah ini.



Dengan melihat grafik karakteristik dari ketiga produk yang saya sebutkan diatas, maka kita sudah dapat membuat kesimpulan yaitu :
1. ZS-F2000BM --> mempunyai frekuensi response lebih lebar dibanding ZS-1030B atau Column speaker. Dengan karakteristik ini maka kualitas suara dari ZS-F2000BM lebih bagus dibanding ZS-1030B / speaker column (ZS-102C/ZS-202C)
2. Tingkat tekanan suara ( SPL ) speaker column jauh lebih tinggi dibandingkan ZS-F2000BM atau ZS-1030B. Ini artinya dengan input daya yang sama, maka speaker column lebih keras dibanding ZS-F2000BM atau ZS-1030B.
3. Speaker column mempunyai lebar band yang sempit. Dengan keterbatasan ini maka speaker columnhanya memproduksi suara tengah saja, suara bass / treble tidak akan bisa keluar dari speaker column.

Jadi bsia diambil kesimpulan, bawah untuk mendapatkan kualitas suara yang bagus untuk speaker dalam masjid adalah minimal ZS-1030B.  Dan akan lebih bagus lagi bila dipasang ZS-F2000BM.

Sekarang pertanyaannya, speaker column cocoknya untuk apa ????

Dengan karakteristik frekuensi response yang dimiliki oleh speaker column maka paling cocok untuk di lapangan / area terbuka yang membutuhkan suara dengan jangkauan jauh.
Alasannya :
Dengan SPL yang tinggi dimiliki oleh speaker column maka jangkauan suara bisa jauh dengan hanya input daya yang kecil.  Bedanya dengan horn speaker / corong TOA,  kalau column speaker jangkauan suara masih terbatas, masih kalah jauh bila dibandingkan dengan horn speaker, tapi bedanya kalau horn speaker suaranya lebih cempreng lagi, tapi kalau speaker column masih ada sedikit suara bassnya.

Pemakaian lainnya, selain di area terbuka, juga bisa di pakai di serambi /. teras masjid, dimana area teras masjid pada umumnya terbuka.  Tapi bila tertutup disarankan menggunakan ZS-1030B  akan lebih jelas suaranya.

Yang perlu di hindari yaitu untuk pemakaian di ruangan yang bergema, karena dengan SPL yang tinggi dan lebar band frekuensi response yang sempit maka justru akan menambah suara menjadi tidak jelas.
Untuk ruangan yang bergema akan lebih baik bila dipasang ZS-1030B atau ZS-F2000BM dalam jumlah banyak, sehingga pendengar lebih dekat ke suara aslinya yang dikeluarkan oleh speaker ketimbang mendengarkan suara pantulan / suara gema.
Bila perlu pasang tipe array speaker dengan kualitas baik yaitu tipe ZS-S60CW, yang mempunyai frekuensi response datar dan lebih lebar ketimbang speaker column. Speaker array ini sangat cocok untuk ruangan yang bergema tinggi.  Sebenarnya sama dengan speaker column, hanya saja bedanya kualitas suara dari ZS-S60CW lebih bagus, lebih mengarah ke professional speaker yaitu lebar band dan frekuensi response yang mendekati Box Speaker.  Suara bass lebih terasa dan suara tinggi / treble juga lebih terasa, jadi untuk pemakaian vocal bagus, meskipun belum ditambahkan equalizer ataupun mixer.  Bila di olah lagi dengan equalizer dan mixer maka kualitas suara akan mendekati Box speaker ZS-1030B atau bahkan ZS-F2000BM.

Untuk area ruangan 10 x 10 meter, cukup dipasang 2 bh ZS-S60CW sudah mengcover semua ruangan. Dengan kelebihan penyebaran suara yang dimiliki maka semua area tercover dengan baik. Tidak menyebabkan feedback/storing atau bertambahkan suara gema.

Demikian yang dapat disampaikan, semoga pengurus DKM tidak salah pilih dalam memilih speaker.  Sehingga diharapkan kedepan kualitas sound system Masjid  menjadi lebih baik, nyaman didengar dan proses dakwah menjadi lebih menarik dan menyenangkan.

Untuk melihat spesifikasi / harga, kunjungi website kami di : www.selyaproduct.com

Wassalam,

35 komentar:

  1. Artikel yang bagus dan bermanfaat, semoga ke depannya kita bisa menjalin kerjasama dengan TOA. terima kasih

    BalasHapus
  2. terima kasih sudah berbagi artikel yang bermanfaat
    kami sedang mencari pengetahuan tentang TOA.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tks atas kunjungannya...semoga bermanfaat

      Hapus
  3. Mohon tanya, Ketinggian Pemasangan Speaker ZS-1030B atau bahkan ZS-F2000BM dari lantai Masjid idealnya berapa Meter?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekitar 2,5-3 m. Kalau terlalu tinggi akan mudah menimbulkan gema.

      Hapus
  4. Balasan
    1. Ada, tie ZS-HS150B -->daya 100 watt. Speake 15 inch.

      Hapus
  5. Saya pengurus masjid Al Falah Sawotratap gedangan Sidoarjo, ingin ganti speaker Column dgn ZS F2000 B , sebanyak 3 biji, dgn rcn setelan 2X30 wat dan 1x60 wat dgn menggunakan za 2120, bolehkah dgn sambungan paralel?,
    Kalau pesan seri ZS F2000, 4 biji brp harganya, brp lama smpi di sidoarjo jatim?, mana lbh cepat kontak langsung/sms/email.

    BalasHapus
  6. Saya pengurus masjid Al Falah Sawotratap gedangan Sidoarjo, ingin ganti speaker Column dgn ZS F2000 B , sebanyak 3 biji, dgn rcn setelan 2X30 wat dan 1x60 wat dgn menggunakan za 2120, bolehkah dgn sambungan paralel?,
    Kalau pesan seri ZS F2000, 4 biji brp harganya, brp lama smpi di sidoarjo jatim?, mana lbh cepat kontak langsung/sms/email.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pemasangan memang paralel. Seri yang sesuai ZS-F2000BM (tipe high impedance). Silahkan kontak admin selya produk yang melayani penjualan produk TOA. klik websitenya di www.selyaproduct.com atau telpon/sms/WA di nomor yang tertera. Telp toko (021) 87918341

      Hapus
  7. Selamat siang ,

    saya google ttg sound system TOA, dan menemukan blog ini.

    Di kantor, ada mushola/masjid semi terbuka, dalam arti
    dinding keliling hanya 1 meter tingginya.
    ukuran 20 x 20 m. tinggi sekitar 8 meter.

    2 speaker column ada di atas depan, ampli tidak bermerek.
    menurut seorang teman, suaranya agak cempreng/treble.
    kurang nge-bass. Jadi diusulkan pasang 2 subwoofer di sudut
    belakang.

    apakah ini benar ? ada saran subwoofer TOA yg cukup untuk
    kebutuhan ini ? atau ada saran lain ?

    terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saran saya pakai F2000BT saja pak 2 buah, sudah dijamin ok suaranya.
      Amplifier pakai yang 120 watt saja. Semoga bisa membantu.

      Hapus
  8. Salam kenal....
    Klu ampli ZA 1061 di pasang 2 speaker gantung.4 speaker column 202...apakah memang speaker columnya tidak mau mengeluarkan suara?
    Terimakasih......

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harusnya gak masalah pak, tinggal cek koneksinya ke amplifier pastikan tidak salah pasang dulu. Cek di bawah satu satu kalau sudah bunyi baru di rangkai di atas

      Hapus
  9. Assalaamu'alaikum....pak haji, ijin numpang informasi
    Yang sdg butuhFeedback Destroyer FBQ1000
    Saya punya second ...kondisi 99% (1% untuk nyoba aja karena ngga cocok terus dibungkus lagi) hub. 0817531497 wa/sms atau abiayyub@gmail.com
    ...matur nuwun pak haji...tambah berkah jualannya.

    BalasHapus
  10. GEBYAR PROMO TERBARU Aman Dan Murah Bebas Resiko,.
    Produk yang Kami Tawarkan Semuanya asli original, Ada Garansi Resmi Distributor.
    dan Semua Produk Kami Baru dan Msh Tersegel dLm BOX_nya.MINAT HUB / SMS 0857-3112-5055.KLIK WEB RESMI KAMI http://alpha-shopelektronik.blogspot.com/
    Ready Stock ! Apple iphone 5 32GB Rp.2.500.000,-
    Ready Stock ! Apple iPhone 5S 32GB Rp.3.000.000,-
    Ready Stock ! Apple iPhone 6 plus 32gb Rp.4.000.000,-
    Ready Stock ! Samsung Galaxy E5 E500H Putih Rp.1.500.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy E7 E700H Putih Rp. 1.500.000,-
    Ready Stock ! Samsung Galaxy S5 Rp.2.000.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy S6 32GB Putih Rp.3.300.000
    Ready Stock ! Samsung L9100 Galaxy S2 - Black Rp.900.000,-
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Tab 3 7.0-16GB-Putih Rp. 1.300.000,-
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Tab 3 8.0-16GB-Putih Rp.1.500.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Note N7000 - Black Rp. 1.500.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Tab 2 (7.0) Rp. 900.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Tab 3 10.1-16GB-Putih Rp.1.500.000,-
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Note N7000 - Pink Rp.1.500.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Y S5360 GSM - Pure White Rp.400.000,-
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Note Edge 32GB-Hitam Rp. 2.700.000.
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Alpha SM-G850-32GB-Gold Rp. 2.000.000,-
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Grand 2-8GB-Putih Rp. 1.200.000,-
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Mega 6.3 l9200-16GB-Hitam Rp.1.500.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy A3 SM-A300H Rp.1.500.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy A5 SM-A500F Rp.2.000.000

    BalasHapus
  11. Saya menggunakan speaker TOA type F2000B yang 8 ohm, dan kondisi saat ini tweeternya mati 2 buah dan 1 buah woofernya robek jadi sember suaranya. Ini type yang belum ada matching ke 100 V.
    Pertanyaannya :
    1. Apakah ada parts untuk tweeternya untuk F2000B
    2. Apakah speaker yang woofer bisa di ganti ?
    3. Apakah bisa beli matching untuk F2000B ?
    Mohon bisa di berikan penjelasannya.

    Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  12. Insya Alloh bermanfaat..amiiin

    BalasHapus
  13. Insya Alloh bermanfaat..amiiin

    BalasHapus
  14. Insya Alloh bermanfaat..amiiin

    BalasHapus
  15. pak, mau tanya kemarin kan beli toa ZA 2060 u 2 horn,1 speaker, 2 mix kok baru sebulan dah mati yaa, amplinya.....kira2 kenapa pak ya,syukron oh ya,u produk toa bergaransi brp tahun?

    BalasHapus
  16. Gan apakah speaker toa dan amplifier ny bisa di pakai buat karaoke

    BalasHapus
  17. mau nanya harga barang speaker toa column berapa ya?

    BalasHapus
  18. pa mau perbaikan toa masjid.. kalo di daerah bandung bisa nggak... kalo bisa bpk. bisa langsung hubungi nomer ini 085860351818 - beni noviar... terima kasih

    BalasHapus
  19. minta sarannya dong kalo untuk ruangan 16 x 16mtr tinggi 5mtr..bagusnya pake speaker jenis apa?

    BalasHapus
  20. Salam kenal mas,mau tanya untuk toa yg seri zs1030 kalo kita pakai 4 pcs amplivtoa yg di butuhkan berapa Watt mas cukup 120/240 Watt mas suwon?

    BalasHapus