Informasi

Marhaban ya Romadhon, sebentar lagi akan datang bulan Suci Romadhon bagi Umat Muslim, saatnya persiapan mental dan prasarana ibadah. Mumpung masih jauh-jauh hari, segera lakukan perbaikan dari sekarang sebelum waktu dipakai bermasalah. Kami siap membantu baik pengadaan barang, renovasi atau sekedar konsultasi saja. Hubungi Telp Toko SELYA PRODUCT untuk pembelian barang di 021-87918341 atau email ke selya_product@yahoo.co.id Salam dan sukses

Rabu, 19 Desember 2012

Aplikasi Sound system Masjid / Mushola


Assalamu'alaikum wr.wb.

Berikut beberapa contoh aplikasi / penerapan pemilihan amplifier dan speaker, serta microphone untuk masjid/mushola yang bisa di jadikan referensi.

1. Mushola ukuran 6 m x 6 m

    Untuk mushola dengan ukuran 6 m x 6 m , yang paling sederhana speaker dalam menggunaka wall speaker tipe ZS-062 2 bh atau ZS-678  2bh ( dipasang di depan, pojok kiri-kanan ), dan speaker atas  1 bh speaker TOA ZH-5025BM. Amplifier bisa menggunakan tipe ZA-230W  atau ZA-2030 (semua dayanya 30 watt, hanya beda fasilitas dan penampilan). Lihat gambar dawah ini.





>Untuk pemakaian speaker TOA atas 2 bh, maka amplifier mesti pakai amplifier ZA-2060 (daya 60watt)
>Untuk pemakaian 3-4 bh speaker TOA , amplifier mesti pakai tipe ZA-2120 ( daya 120 watt)
>Untuk mic adzan/imam bisa saja digantikan dengan mic wireless, menggunakan tipe merk TOA WS-5200 (genggam)/WS-5300(jepit/clip on)  atau mic wireless tipe SHURE LX-88III ( 2 mic genggam-1 receiver ) atau mic wireless Bismarck BM-889 ( 1 genggam + 1 jepit/clip on ).
>Untuk mic mimbar juga bisa menggunakan mic biasa tipe ZM-420 / ZM-520, tapi sebaiknya menggunakan desk mic seperti di blok diagram diatas yang memiliki kepekaan lebih tinggi dan pas untuk di mimbar, kecil dan elegant. Desk mic paling murah dengan mic condenser bisa pakai Krezt K-501 atau tipe BM-301.  Kalau yang lebih bagus bisa pakai tipe CM-15P (panjang 37cm ) atau CM-20P ( panjang 50 cm ). Dimana kedua tipe tersebut memang khusus untuk mic mimbar/podium dengan tegangan sistim pantom, sehingga tidak perlu mengganti batterai.  Amplifier TOA / mixer sudah menyediakan fasilitas ini. Selain goose nect yang flexible, band frekuensi yang lebar dan low feedback.
> Saklar speaker diperlukan bila dibutuhkan suara atas saja saat adzan atau suara dalam saja untuk acara pengajian didalam mushola, agar tidak mengganggu masyarakat sekitar, karena tidak semua orang (meskipun muslim) yang senang mendengarkan pengajian setiap hari / ceramah agama, khususnya isi ceramah agama yang dapat menyinggung agama lain.

2. Ukuran Mushola 8 m x 8 m

>Untuk ruangan yang sedikit lebih lebar, misal 8m x 8m, bisa menggunakan bisa menggunakan wall speaker tipe ZS-1030B ( warna hitam), daya 30 watt.
Agar tidak feedback/mencuit, set daya input wall speaker sampai diperoleh suara yang pas (bisa diset 15 watt atau 10 watt --> pilihan daya input speaker ada dibelakang box speaker). Dengan bertambahnya daya speaker dalam, maka amplifier mesti di ganti juga agar suara yang dihasilkan optimal.
Dibawah ini diberikan blok diagram dengan 2 bh speaker atas tipe ZH-5025BM dan 2 bh speaker dalam ZS-1030B




Untuk penggunaan speaker TOA atas lebih dari 2 ( misal 4 bh ), maka perlu perubahan setting daya speaker ZS-1030B, dari 15 watt --> dirubah ke 10 watt, agar suara tetap optimal.
Dengan dirubahnya daya ZS-1030B menjadi 10 watt maka total daya akan tetap 120 watt --> ZH-5025BM  (4 x 25w) + ZS-1030B (2 x 10 w) = 120 watt.


3. Masjid dengan ukuran 15 M x 15 M

Untuk masjid dengan ukuran 15 m x 15 m, minimal diperlukan speaker dalam 4 buah. 2 buah di depan kiri-kanan ( +/- 2 meter dari pojokan ), dan 2 buah lagi di dinding kiri-kanan ( pertengahan ).

Speaker yang digunakan bisa menggunakan ZS-1030B  semua atau ZS-F2000BM semua. Atau bisa juga kombinasi, depan pakai ZS-F2000BM dan samping kiri-kanan pakaiZS-1030B , sehingga suara bass lebih mantabs saat khotib ceramah.
Kalau ZS-1030B semua --> suara tetap jelas, hanya suara low kurang ( agak garing / kering kata orang jawa ).
Kalau full ZS-F2000BM , pastinya suaranya lebih mantab, bass-treble merata, sehingga suara terkesan lebih empuk / lembut dan nyaman di dengar.
Satu hal lagi, ZS-F2000BM mempunyai keunggulan yaitu low feedback, jadi dengan suara yang keras tapi tidak menimbulkan howling/mencuit/fedback.
Untuk pemakaian ZS-1030B semua / ZS-F2000BM semua / kombinasi --> sistimnya berbeda-beda.

Berikut ini blok diagram untuk penggunaan speaker ZS-1030B semuanya.





Untuk penggunaan ZS-F2000BM, agar daya amplifier ZA-2240 mencukupi, maka daya ZS-F2000BM perlu diturunkan, dari 60 watt --> disetting ke 30 watt  (dibelakang speaker ada switch rotary untuk menurunkan daya speaker )


Begitu juga untuk kombinasi, ZS-F2000BM 2bh di depan dan ZS-1030B 2bh samping kiri-kanan, ZS-F2000BM  perlu di turunkan dayanya dari 60 watt --> menjadi 30 watt.

Untuk amplifier bisa diganti dengan tipe ZA-2128MW, dimana daya outputnya 2 x 120 watt ( stereo ), dengan jumlah input mic 6 buah, dan 2 aux. Setiap output ada volume master, sehingga bsia dikontrol masing-masing.
Amplifier ini mempunyai kelebihan, yaitu setiap input micnya ada kontrol bass dan treble, sehingga persis seperti mixer system.  Dan ada juga fasilitas echo ( hanya di mic 1 ) bila diperlukan untuk menambah kehalusan suara.
Selain itu, di mic 2 dan 3, bisa di ganti dengan mic wireless bila di inginkan. Tinggal beli mic wireless set dengan tunernya, kemudian tunernya dipasang pada tempat yang telah disediakan maka mic 2 dan 3 berubah menjadi mic wireless.

Berikut blok diagramnya dengan menggunakan amplifier ZA-2128MW.









Perlu diperhatikan :
Hati-hati dengan setting suara mic adzan. Volume control suara bass jangan terlalu besar, setting maksimum 1/2 atau 1/4 saja, agar horn speaker / speaker corong tidak mudah putus/rusak.


Untuk amplifier ZA-2128MW, bisa diganti dengan 2 buah amplifier ZA-2120, daya 120 watt. Seperti dibawah ini.




Yang perlu diperhatikan yaitu saat setting. Pertama setting amplifier 1, sampai diperoleh suara dalam secukupnya. Setelah selesai baru setting amplifier ke 2. Buka volume aux 1 sampai lampu led peak warna merah menyala kedip-kedip. Jaga jangan sampai nyala terus, karena dapat menyebabkan amplifier rusak / speaker terbakar.

Pada beberapa masjid, untuk mic adzan ditempat di amplifier ke 2, sehingga saat adzan, hanya suara atas saja yang hidup, sedangkan saat kutbah jum'at dalam dan atas hidup. Dengan saklar speaker, bisa saja saat kutbah speaker atas di matikan.

Bila di inginkan speaker atas hidup saat adzan saja, maka sambungan dari amplifier 1 ke amplifier 2 dilepas saja.  Sehingga saat kutbah jum'at hanya speaker dalam saja yang hidup, dan adzan hanya speaker atas saja yang hidup.

Berikut blok diagramnya.



Untuk kebutuhan mic yang banyak, bisa saja di kombinasi dengan mixer, mulai dari 6 channel, 12 channel, 18 channel, dll.

Karena banyak tombol dan fungsi yang rumit, maka diperlukan operator yang memang benar-benar mengerti akan fungsi-fungsi tombol/knob dari mixer agar settingnya maksimal.

Penambahan mic bisa berupa mic kabel atau mic wireless dengan berbagai tipe (genggam / jepit), bisa merk TOA atau merk senheiser, AIWA dan lain-lain.
Mic wireless diperlukan untuk kegiatan ceramah agama, kajian kitab, dimana didalamnya ada session tanya jawab yang ribet bila pakai mic kabel. Mic wireless lebih efisien dan praktis.

Berikut contoh blok diagram yang dikombinasi dengan mixer dan mic wireless.



Untuk ruangan lebih besar, tinggal tambah speaker dan tentunya amplifier harus diganti yang lebih besar atau jumlah amplifier di tambah.
Sebagai dasar --> bahwa daya speaker yang terpasang totalnya tidak boleh melebihi total daya output amplifier.








Berikut contoh blok diagram sound system yang lebih lengkap.



Dalam blok diagram diatas...menggunakan Equaliser sebelum masuk ke amplifier.
Tujuannya yaitu untuk kontrol suara lebih bagus, mulai dari kontrol suara bass/rendah, midle/tengah dan tinggi. Selain itu, dengan equaliser suara dengung/feedback bisa di eliminir/dihilangkan. Untuk tujuan ini yaitu equalizer sebagai penghilang suara dengung atau feedback akan dibahas lebih lanjut pada artikel berikutya.

Demikian yang dapat disampaikan, semoga bisa dipakai untuk referensi pembenahan sound system mushola atau masjid.

Kualitas sound system, bukan sekedar mahal tapi penataan peralatan yang sesuai dengan kebutuhan dan setting peralatan dengan pemahaman operator yang mengerti yang dapat menjadikan sound system berkualitas.

Kami senantiasa membuka bagi pembaca yang ingin berkonsultasi, silahkan hubungi di no 0811184203, bisa telpon/sms, atau via email ke hsetyo@rocketmail.com. Usahakan email agar lebih nyaman / melalui kolom komentar dibawah.
Untuk kebutuhan pengadaan barang, silahkan hubungi 021-87918341/08528713003 atau kunjungi website kami di www.selyaproduct.com

Download materi seminar sound system masjid bisa dijadikan pembelajaran buat marbot/pengurus :
     http://selyaproduct.com/berkas/SISTIM%20TATA%20SUARA%20MASJID.pdf

Wassalamu'alaikum wr.wb.

Admin

39 komentar:

  1. saya butuh masukan untuk instalasi audio informasi pd rumah sakit dgn bayak ruang dgn hasil yg maksimal
    .email deltacell75@yahoo.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk sound system rumah sakit, pada umumnya berupa paging system yang terdiri dari :
      1. Mic paging ZM-100EC w/chime sebagai mic informasi/panggilan
      2. Ceiling speaker ZS-646R dimana setiap ruang cukup 1 bh dan setiap lorong disesuaikan jumlahnya. Jarak antar speaker +/- 4-5 mtr.
      3. Karena rumah sakit, maka daya speaker yang digunakan cukup 3 watt. Caranya setting ZS-646R dirubah setting daya inputnya dari 6 watt --> 3 watt.
      4. Amplifier yang dibutuhkan sesuai jumlah speaker terpasang.
      5. Tipe amplifier bisa menggunakan ZA-2240 untuk 240 watt. Bila dibutuhkan kontrol speaker per zona, bisa menggunakan amplifier VM-2240, daya 240 watt dg 5 zone.

      Demikian sementara informasinya.

      Hapus
  2. untuk masjid saya menggunakan ampli TOA ZA 2060, dengan 4 speker tapi didalam ruangan suaranya ko tidak bagus pembicara ngon\mongnya keras dikit speker kedengar pecah apa yang keliru ya, mkasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jelas saja suara pecah, karena ampli seri ZA-2060 daya outputnya cuma 60 watt, sedangkan speaker corong yg terpasang 4 bh. Total daya speaker 4 x 25w=100w,
      Jadi amplifiernya tidak kuat. harus ganti pakai amplifier yg lebih besar, tipe ZA-2120, daya output 120 watt. Semoga bermanfaat.

      Hapus
    2. Kami ingin menambahkan Mic jepit untuk imam, kami pake amplifier ZA 2060. Tipe mic jepit yang kompetibel apa?

      Hapus
  3. Selamat siang,

    Saya merencanakan mau pasang sound system untuk gedung pengajian/pertemuan. Luas bangunan LxPxT : 10x25x4 meter.
    Untuk itu mohon saran & petunjuknya sistem sound yang bagaimana yang sekiranya paling cocok, namun dengan estimasi budget yang tidak terlalu mahal.
    Mohon kesediaannya untuk memberikan proposal penawaran komplit dengan pemasangan & garansinya.

    Alamat saya di Gresik Kota.

    Demikian, terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baik pak, tolong email ke hsetyo@rocketmail.com agar bisa kami buatkan penawarannya.
      Tks

      Hapus
  4. selamat siang,
    unt masjid ukuran 6 x 10 X 3.5 M , dibutuhkan speaker berapa dan type apa berikut amplinya serta harganya brp ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru sempet balas,

      Untuk masjid ukuran 6 x 10 --> minimal pakai ZS-1030B, 2 bh, sudah cukup. Akan lebih baik lagi bila dipasang 4 bh ZS-1030B, 2 bh di depan, agak ke pojok ( +/- 1 meter dari pojok ), dan 2 bh di tengah ( tembok kiri-kanan ).

      Kalau suara bassnya lebih bagus, pakai tipe ZS-F2000WM, pasang 2 bh di depan deket pojokan, dan 2 bh ZS-1030B di tengah ( kiri-kanan ).
      Agar suaranya imbang, ZS-F2000WM set daya inputnya ke 30 watt. Karena ZS-1030B daya inputnya juga 30 watt.

      Untuk harga hubungi telp toko di 02187918341, tks

      Hapus
  5. Hallo Admin, lalu bisakah admin kasih tau harga total semua nya untuk Masjid ukuran 15 M x 15 M, soalnya didekat rumah saya, speaker nya udah jelek banget, dari TOA nya sampe speaker dalam masjid nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru bisa balas, untuk masjid 15 x 15, minimal bisa pakai 4 bh ZS-F2000WM.
      2 bh pasang di depan kira-kira 3 mtr dari pojokan. dan 2 bh lagi di tengah-tengah ( kiri-kanan ).
      Gunakan amplifier ZA-2240 untuk mendorongnya.
      Karena ZS-F2000WM daya inputnya 60 watt x 4 bh = 240 watt. Pas dengan daya keluaran ZA-2240, 240 watt.

      Untuk harga hubungi telp toko di 02187918341, tks

      Hapus
  6. allo admin

    berhubung amplifier di mushola kami ukuran 15 x 15 m sudah tidak bagus hasil suaranya maka kami telah membeli toa amplifier baru model 2A2240, namun setelah kami pasangkan maka speker luar masjid kami 2 buah toa luar kami putus dibuatnya... padahal speck toa luarnya udah 25 w dgn impedansi 16ohm.... mohon bantuannya dimana kesalahan instalasi kami tersebut

    BalasHapus
  7. Untuk speaker TOA luar dg impedansi 16 ohm itu low impedanse, artinya belum pakai matching trafo.
    Dengan daya amplifier lebih besar, dimana ZA-2240 adalah 240 watt, maka speaker luar akan menerima arus lebih besar lagi, akibatnya speaker putus.
    Saran : sebaiknya rubah ke high impedansi yaitu dengan menambahkan matching transformer tipe ZT-351. Pasang masing-masing di speaker luar. Kalau sudah ada MATching transformer maka besarnya daya amplifier tidak jadi masalah. kalau sudah pakai Matching transformer, pasang ke output ampli di com-100V.
    Lihat artikel lainnya cara merubah low imp ke high imp.
    Selamat mencoba.

    BalasHapus
  8. Asslam wr wb.
    bedanya horn speker dengan trafo dan tanpa trafo apa.??
    di masjid kami duunya paki yang tanpa trafo tapi sering jebol spulnya dan sekarang di gani dengan yang bertrafo??


    tapi kok yang dengan trafo suaranya kurang jelas yaa,, sepertnya bagus dan yaring yang tanpa trafo?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau tanpa trafo...pakai ampli low...Kalau ampli toa pasang di com-4ohm. .Kalau pakai trafo...harus pakai ampli high imp...dan pasangnya kalau ampli toa di com- 100v. Tolong cek lagi amplinya

      Hapus
  9. Assalamu'alaikum... di kampung saya ada grup sholawat... butuh sekitar 12 mic... acaranya dari rumah ke rumah rutin seminggu sekali. kira - kira apa saja peralatan sound yang dibutuhkan, sekalian berapa harga nya? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaukumsalam. .. Kalau untuk sound besar pastinya pakai mixer min 12ch. .power amplifier..terus pakai speaker besar. Mixer bisa pakai tipe behringer 2222usb. .ampli pakai za-2240. ..dan speaker ZS-HS150B 2bh.
      Tapi kalau sound kecil-kecil an bisa pakai tipe portable...tipe ZW-G810. .yg sdh lengkap ada input mic 3bh...dan didalam nya sdh ada power ampli dan speaker dg daya 20 watt. Cukup buat luas ruangan 10x10m. .Untuk input banyak bisa ditambahkan peramp mic 12ch...atau pakai paralel input mic bila di inginkan yg lebih murah. Kunjungi website kami di www.selyaproduct.com untuk info produk.

      Hapus
  10. assalamualaikum...mau tanya mas...kalau saya pake 8 speaker toa ZS-202C, maka saya harus menggunakan amplifier apa yah...terus ada settingan khusus ngga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Zs-202C dayanya 20 watt. Jadi total daya 20w x 8bh= 160watt . Ampli yg sesuai tipe ZA-2240..daya 240 watt. Di kabel speaker jangan salah..pasang di putih -hitam.

      Hapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. mo nx brp hrga complite utk masjid ukuran 8x8m

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan hub telp 02187918341 atau email ke selya_product@yahoo.co.id. ...untuk permintaan penawaran harga

      Hapus
  13. Ass w w,
    Selamat pagi bapak,
    Saya pemakai product Toa ZA 2240, kami pakai untuk menghidupka speaker 16 omh 8 biji suara output saya kasih yag 100 wat namun suara tidak maximal, pada volume 50% sudah storing dan sekitar 3 minggu ampli ZA 2240 rusak dan lampu sinyal tidak hidup, apanya yang salah yaa ?, ( saya pakai 2 buah yang satu rusak yang satu lagi bagus) namun suara tidak bisa maximal, terimakasih.
    Was ww.
    sidik Wiyono

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaukumsalam. ..Untuk TOA 8bh..low imp...harus dipasang ke ampli toa ZA-2240 di com-4ohm. ..jangan dipasang di com -100v. .amplinya akan rusak. Sebaiknya horn ditambahkan matching trafo tipe ZT -351 ..agar berubah menjadi high imp...1 speaker 1 matching trafo...nanti pasangnya ke ampli di com-100v.

      Hapus
  14. maaf pak kalau speker atau travo matching dipareleh sepeti contoh di atas . apakah tidak berpengaruh pada impedansi..... output amplifier...>? mohon penjelasan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya berpengaruh. Cara hitung imp total paralel sama dg yg low imp. Hanya saja untuk memudahkan perhitungan..Kalau pakai speaker pakai trafo..cukup dihitung total daya speakernya...maksimal daya speaker sama dg daya output ampli. Kalau total daya tidak melebihi daya ampli maka total imp speaker tidak akan lebih kecil imp output ampli.

      Hapus
  15. Masjid saya pakai horn TOA 4 buah....keempat horn tersebut sering mati bergantian....biar awet sebaiknya pakai ampli yang serial apa dan horn nya yang serial apa ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba cek hornnya...low imp atau high imp? Kalau low imp akan mudah putus spulnya..karena daya amplifier tdk bisa dibatasi masuk speaker. Tapi kalau speaker high imp/pakai trafo maka daya amplifier dibatasi yg masuk ke speaker..jadi tidak mudah rusak. Horn toa yg pakai trafo tipe ZH-5025BM. .daya 25 watt. ..amplinya disesuaikan..Kalau pakai 4bh..pakai tipe ZA-2120. Daya 120w. Tks

      Hapus
  16. ruang pertemuan di kantor saya uk. 6 x 13 mtr, spek speaker dan amplifier merk TOA yg cocok untuk ruangn tersebut spt apa.??
    mohon penjelasan dan terima kasih bayak atas bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk ruang meeting .6 x 13..bisa pakai box speaker min tipe ZS-1030b. .daya 30 watt..pasang di ke 4 sudutnya. Gunakan ampli ZA-2120 daya 120 watt. Mic pakai yg wireless tipe genggam LX-88iii. Kalau ingin lebih mantabs suaranya..bisa pakai tipe box speaker juga tipe ZS-F2000BM. .daya 60 watt...ampli ganti dg tipe ZA-2240 daya 240 watt

      Hapus
  17. Kalo untuk msjd pke toa za-230 W gmn?? Bgus kgk? Mhon penjlasannya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ampli ZA-230W bagus..daya output 30 watt..hanya cukup pakai horn TOA 1bh tipe ZH-5025B/zh-5025BM. Daya 25 watt.

      Hapus
  18. assalamualaikum, kami berencana akan memperbaharui sound system di masjid kantor kami. Ukuran masjid lebih kurang 10 m x 12 m (lantai bawah), 10m x 7 m (lantai atas). speaker luar perlu 1, speaker dalam perlu 6 buah (4bh lt 1, 2 bh lt 2). apa yang cocok spesifikasi dengan model tersebut. mohon sekaligus penawarannya. terima kasih. wassalamualaikum

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk speaker luar pakai horn speaker tipe ZH -5025B M. Daya 25watt...Untuk speaker dalam Ltd 1..ZS-F2000BM. 4bh..daya 60 watt...Ltd pakai ZS-F2000BM 2bh. Untuk horn pakai ampli ZA-2060..daya 60 watt..Untuk speaker lantai 1 pakai ampli ZA-2240 daya 240 watt..Untuk lantai 2 pakai ampli ZA -2120. Daya 120 watt. Silahkan hub admin di 02187818341 atau email ke selya_product@yahoo.co.id

      Hapus
  19. Assalaamualaikum
    di tempat saya ada toa 1030 3 biji di set 20 watt semua. power supply nya pake toa 60 wat. nah, yang saya tanyakan apakah boleh tiap speaker say akasih switch.
    Kalau satu speaker mati kan daya kebutuhannya cuma 40 watt, trus kalau dua speaker mati kebutuhannya turun lagi jadi 20 watt, sedangkan keluaran amplifier toa sanggup hingga 60 watt.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaukumsalam. ..tidak ada masalah bila diberi saklar on - off. Karena daya speaker akan tetap 20 watt meskipun bisa sampai 60 watt. Speaker high imp yg di dalamnya ada trafo matching..daya akan stabil

      Hapus
  20. Assalaamu'alaikum admin... Mau nanya dong... Kalau mau pesan mic wireless yg on hand dan on head... ( sepaket jadinya)... Kira2 bisa ga ya dan harganya brp???... Jadi mic tsb bisa utk nyanyi/ nge mc... Baik gedung/ di ruang terbuka tetap bagus suaranya... Mhn di bls ke 082111643374... Kholis..mksh

    BalasHapus
  21. Boleh Nanya,Kalau Luas Masjidnya Sangat Luas Kali Lebar Misalkan 500x450 Pakai Berapa Horn Speaker Ya?

    BalasHapus