Informasi

Marhaban ya Romadhon, sebentar lagi akan datang bulan Suci Romadhon bagi Umat Muslim, saatnya persiapan mental dan prasarana ibadah. Mumpung masih jauh-jauh hari, segera lakukan perbaikan dari sekarang sebelum waktu dipakai bermasalah. Kami siap membantu baik pengadaan barang, renovasi atau sekedar konsultasi saja. Hubungi Telp Toko SELYA PRODUCT untuk pembelian barang di 021-87918341 atau email ke selya_product@yahoo.co.id Salam dan sukses

Senin, 11 Februari 2013

Contoh Aplikasi sound system Masjid 20 x 20 m


Contoh Aplikasi sound system Masjid 20 x 20 m
[03/10/2012, 13:43:14]

Dalam artikel sebelumnya, sudah pernah disampaikan beberapa blok diagram sound system dengan ukuran mushola atau masjid yang berbeda-beda. Kali ini akan ditampilkan contoh aplikasi sound system untuk masjid ukuran 20 x 20 dengan menggunakan beberapa perangkat suara yang lebih komplit ( professional ).

Pada blok diatas, terbagi dalam 2 blok :
1. Blok pertama --> untuk sound system dalam masjid
2. Blok ke dua --> untuk sound system adzan

Penggunaan Array speaker Z-5BHX, untuk mendapatkan suara yang lebih dominan dari depan.  Dengan penyebaran suara yang dimiliki Z-5BHX, maka suara lebih merata dan menghindari efect feedback dan gema, khususnya untuk ruangan yang plafonnya tinggi.

Untuk mimbar bisa juga menggunakan mic podium (goose nect mic )  tipe CM-15P ( tinggi 37,5cm ) atau CM-20P ( tinggi 50cm ), selain memiliki kepakaan sensitifitas yang tinggi, juga di operasikan dengan tegangan phantom yang dapat diperoleh dari mixer. Keuntungannya, tidak boros ganti-ganti batterai.

Mic imam, bisa juga menggunakan mic jepit khusus merk TOA dengan kualitas sangat baik tipe WS-5300  atau yang tipe headset  WS-5300H.  dan mic genggamnya tipe WS-5200.
Merk selain TOA juga bisa pakai mic jepit merk SHURE tipe PGX-14E, yang headset juga ada dg tipe yang sama PGX-14E.  Mic genggam bisa menggunakan merk SHURE juga tipe LX-88III, dengan 2 mic genggam.

Bila saat kutbah di inginkan masuk ke speaker atas ( horn speaker / corong ),  maka bisa menggunakan output monitor dari mixer ke input aux 1 atau 2 dari amplifier  adzan.
Hati-hati, karena suara bass dari mixer dapat merusak horn speaker. Agar aman, bisa dipasang alat pengaman dari output amplifier ke horn speaker.

Untuk mendapatkan kualitas yang baik, setting Equalizer DBX-231S terlebih dahulu dengan menggunakan spectrum analyser, kemudian aktifkan feedback detroyer FBQ-1000.

Berikut titik penempatan speaker

Titik penempatan speaker pada ukuran masjid 20 x 20 M
Alternatif lain, dengan speaker ZS-F2000BM  semua.


Titik penempatan speakernya sebagai berikut :


Catatan :
> Untuk pertimbangan bila ukuran ruangan berbeda.  Jarak penempatan antara ZS-F2000BM  +/- 6-7 meter.
> Bisa juga dikombinasi dengan ZS-1030B daya 30 watt ( bila budget tidak mencukupi ), tetapi penempatan speaker lebih rapat  +/- 4-5 meter untuk mendapatkan hasil yang optimal.

2 komentar: