Informasi

Marhaban ya Romadhon, sebentar lagi akan datang bulan Suci Romadhon bagi Umat Muslim, saatnya persiapan mental dan prasarana ibadah. Mumpung masih jauh-jauh hari, segera lakukan perbaikan dari sekarang sebelum waktu dipakai bermasalah. Kami siap membantu baik pengadaan barang, renovasi atau sekedar konsultasi saja. Hubungi Telp Toko SELYA PRODUCT untuk pembelian barang di 021-87918341 atau email ke selya_product@yahoo.co.id Salam dan sukses

Rabu, 19 Desember 2012

Sound System Sekolah


      Dewasa ini,  sound system sudah mulai merambah ke sekolah-sekolah dengan berbagai tujuan, diantaranya : 
> Listening ( Ujian Bahasa ),
> Paging system ( panggilan / pengumuman ),
> Upacara bendera,
> Bell sekolah
> Radio sekolah
> Music pengantar istirahat
> Kegiatan lainnya.

Berikut beberapa contoh aplikasi sound system sekolah mulai dari sederhana, sampai yang lengkap.

1. Sound system untuk paging system / informasi / pengumuman/music pengantar istirahat
 

Dengan amplifier ZA-2120, daya output 120 watt,  mampu mensuply  10 bh ZS-646R dan ZH-625SM  2bh.
Daya input ZS-646R  = 6 Watt,  ZH-625SM = 25 Watt, ZA-2120 = 120 Watt

2. Sound system untuk paging system + Upacara Bendera
    Blok Diagram diatas, adalah kombinasi antara sound system untuk paging/pengumuman, dengan fasilitas untuk Upacara bendera / kegiatan dilapangan.
Input mic bisa dibuatkan di dekat lapangan upacara, cari lokasi yang tidak mudah di jangkau siswa/ditempat yang aman dari air hujan. Maksimal input mic 2 bh,  karena ZA-2120  hanya memiliki input mic 3 bh. 1 bh dipergunakan untuk mic paging, 2 bh di set untuk mic pembawa acara dan mic pembina upacara.
Untuk kebutuhan lainnya, bisa saja menggunakan mic wireless, bila tidak menginginkan tarikan kabel yang dapat mengganggu bila pemasangannya tidak rapi, dan rentan terhadap kerusakan di jack input mic karena sering di cabut dan dipasang.
Perhatikan blok diagram dibawah.

    Dengan kombinasi Portable Wireless amplifier tipe ZW-G810CU, mic pembina upacara dan mic pembawa acara bisa menggunakan mic wireless. Selain flexible juga mudah instalasinya.  Portable mic wireless bisa disimpan di ruang center sound system, hanya micnya saja dibwa keluar.  Lebih aman dan lebih praktis.
Fasilitas yang dimiliki ZW-G810CU : tape player w/USB input (u/flasdisk), dan Mic wireless genggam 2 bh.
Disamping itu, ZW-G810CU, juga bisa dimanfaatkan untuk kegiatan outdoor siswa, misal untuk pramuka, dll.  Karena ZW-G810CU bisa menggunakan tenaga Batterai / Aki mobil.

Kombinasi lainnya, juga bisa menggunakan mic wireless TOA tipe WS-5200 ( 1 mic genggam +receiver), atau merk SHURE tipe LX-88III ( 2 bh mic wireless genggam + receiver)

Untuk Speaker ruang kelas, bisa diganti dengan tipe wall speaker ZS-062 atau ZS-678 ( daya 6 Watt ),  dan speaker outdoor, juga bisa diganti dengan tipe ZS-202C ( daya 20 watt ).

3. Sound system untuk paging system + Upacara Bendera + Radio Sekolah

    Untuk kegiatan radio sekolah, perlu ditambahkan perangkat mixer, minimal 6 channel ( Behringer Xenic 1204USB ),  lebih aman bila dipasang mixer 8 channel ( 6 channel mic input, 2 channel aux input ) tipe Behringer Xenic 1222USB.
Untuk pelengkap, DVD player bisa dimasukkan mixer, sehingga terjadi harmonisasi antara suara penyiar dan music.  Mic bisa disediakan 2 bh atau lebih, untuk keperluan 2 org penyiar / keperluan wawancara.

4. Sound system untuk paging system + Upacara Bendera + Listening
    Untuk kebutuhan listening, maka perlu dipasang speaker selector dari output amplifier sebelum ke speaker.  Speaker selector yang tersedia 10 CH, tipe SS10CH,  bila diperlukan lebih dari 10 zone / kelas, maka bisa menggunakan 2 bh speaker selector.
Hal yang perlu diperhatikan yaitu pengkabelan. Dengan sistim kontrol perkelas maka akan dibutuhkan kabel dengan jumlah banyak.  Pergunakan kabel multi dimana 1 kabel berisi 15 wire,  atau 1 kabel berisi 9 wire, dst.
Sehingga bisa menghemat pengeluaran / biaya..

Untuk jumlah speaker ceiling lebih dari 10 bh,  maka amplifier mesti diganti dengan tipe lebih besar. Bisa diganti dengan tipe ZA-2240, daya 240 watt.

5. Sound system untuk paging system + Upacara Bendera + Bell Sekolah


Selain menggunakan timer, bisa juga dengan software, tentu saja harus ada perangkat komputer min pentium4 agar speednya cukup. bisa laptop/desktop.
Software bisa dipesan di admin.

Demikian yang dapat disampaikan, semoga dapat dipergunakan referensi untuk mengembangkan sound system di sekolah dan pengembangan kegiatan di sekolah lainnya.

Admin

5 komentar:

  1. Ukuran Mushola 8 m x 8 m

    >Untuk ruangan yang sedikit lebih lebar, misal 8m x 8m, bisa menggunakan bisa menggunakan wall speaker tipe ZS-1030B ( warna hitam), daya 30 watt.
    Agar tidak feedback/mencuit, set daya input wall speaker sampai diperoleh suara yang pas (bisa diset 15 watt atau 10 watt --> pilihan daya input speaker ada dibelakang box speaker). Dengan bertambahnya daya speaker dalam, maka amplifier mesti di ganti juga agar suara yang dihasilkan optimal.
    Dibawah ini diberikan blok diagram dengan 2 bh speaker atas tipe ZH-5025BM dan 2 bh speaker dalam ZS-1030B





    Untuk penggunaan speaker TOA atas lebih dari 2 ( misal 4 bh ), maka perlu perubahan setting daya speaker ZS-1030B, dari 15 watt --> dirubah ke 10 watt, agar suara tetap optimal.
    Dengan dirubahnya daya ZS-1030B menjadi 10 watt maka total daya akan tetap 120 watt --> ZH-5025BM (4 x 25w) + ZS-1030B (2 x 10 w) = 120 watt.
    BERAPA HARGA MOHON KONGSI URGENT.

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum selya..sy mau tanya spekr toa 20 x 2
    Ampli 75wat. Dah bagus,tpi bru vol 1/4 sdh feetbeck/cuit. Ini apanya ya...mohon solusinya dong terima kasih.

    BalasHapus